Kenali Jenis dan Tipe Kulit Anda Sebelum Menggunakan Pemutih Kulit

shares |


Semua orang ingin memiliki kulit yang bersih, putih alami. Karena penampilan kulit akan mempengaruhi penampilan seseorang secara keseluruhan, apalagi kulit bagian tangan yang sering terlihat. Sehingga menuntut seseorang agar lebih memperhatikan dan peduli terhadap kondisi serta kesehatan kulit tangannya. Cara alami memutihkan kulit tangan salah satunya adalah dengan menggunakan Body Lotion. Cara ini sering dilakukan oleh banyak wanita. Namun, sebelum Anda menggunakan salah satu produk Body Lotion, Anda harus kenali terlebih dahulu jenis/tipe kulit Anda. Karena ini berhubungan dengan efek serta kesehatan kulit Anda. 

Secara umum tipe kulit dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak dan kulits namun demikian, tipe atau jenis kulit dapat berubah-ubah seiring dengan waktu dan usia seseorang. Perubahan-perubahan tersebut bisa dipengaruhi oleh genetik juga penyakit serta pengobatan yang pernah dilakukan.

Tipe setiap kulit dapat berbeda-beda, hal ini disebabkan karena beberapa faktor, seperti: kadar air yang mempengaruhi tingkat elastisitas dan kenyamanan kulit,
kadar minyak yang mempengaruhi kelembutan kulit serta tingkat sensitifitas pada kulit. Dibawah ini beberapa tipe kulit yang perlu Anda ketahui, sehingga dalam menentukan produk yang nantinya digunakan sebagai Body Lotion bisa cocok dengan jenis kulit Anda.

Tipe Kulit Normal
Kulit normal adalah jenis kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jika memiliki jenis kulit ini, maka Anda termasuk orang yang beruntung. Karena kulit normal memiliki keseimbangan yang baik serta kadar air dan minyak yang tepat. Jenis tipe ini memiliki ciri sebagai berikut:

  • Tidak terlalu sensitif
  • Nyaris tak tampak pori-pori
  • Warna kulit yang bercahaya/berseri
  • Sangat sedikit flek atau kecacatan lain pada kulit

Jenis kulit normal adalah yang paling mudah perawatannya. Jenis produk Body Lotion yang digunakan pun tidak ada batasan, yang penting merasa cocok saja.

Tipe Kulit Kering
Kulit kering adalah jenis/tipe kulit yang kurang akan kelembaban alami. Pada tipe ini sangat sedikit minyak yang dapat mempertahankan serta melindungi kelembaban pada permukaan kulit. Ciri umum yang tampak pada tipe kulit kering antara lain:

  • Pori-pori tidak terlihat jelas
  • Permukaan kulit terlihat kusam atau kasar
  • Terdapat bercak merah
  • Kondisi kulit kurang elastis
  • Memiliki banyak garis-garis pada kulit

Jikan Anda memiliki tpe kulit dengan ciri-ciri di atas, maka jangan mandi terlalu lama dan gunakan jenis sabun atau pembersih yang ringan, tidak mengandung deodorant atau deterjen, gunakan pelembab atau Body Lotion yang dikhususkan untuk kulit kering dan oleskan setelah mandi.

Tipe Kulit Berminyak
Tipe ini kebalikan dari Tipe/jenis kulit kering, yaitu lembab yang berlebihan. Ciri-ciri kulit berminyak adalah kadar minyak pada kulit sangat dominan, keadaan ini seringkali pada wajah. Orang yang memiliki tipe kulit ini, harus pandai merawat kulitnya setiap hari. Kulit berminya memiliki ciri-ciri:

  • Pori-pori membesar
  • Kulit terlihat kusam atau mengkilat, kulit tebal
  • Terdapat komedo, bintik-bintik, atau noda lainnya

Kulit berminyak bisa disebabkan karena genetik (turunan), tapi juga bisa disebabkan oleh kondisi dan keadaan seperti saat pubertas, stres atau terpapar oleh panas/suhu yang terlalu lembab.

Jika tipe kulit Anda termasuk kedalam tipe kulit berminyak, maka selalu gunakan jenis pembersih yang ringan serta lembut dan gunakan produk Body Lotion yang dikhususkan untuk kulit berminyak. 

Tipe Kulit Sensitif
Saat Anda tahu bahwa kulit Anda sensitif, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah kenali pemicunya. Sehingga Anda dapat dan mudah menghindari hal-hal yang menjadikan kulit anda lebih sensitif lagi. Caranya Anda bisa konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Seseorang yang memilki kulit sensitif bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun lebih sering terjadi adalah penggunaan produk perawatan kulit tertentu yang menyebabkan keadaan kulit Anda lebih sensitif.

Ciri-ciri kulit sensitif dapat dilihat dari permukaan kulit, seperti:

  • Kulit terasa gatal dan perih
  • Kulit seringkali menjadi kemerahan
  • Kulit terasa terbakar
  • Kulit pada akhirnya menjadi kering dan kusam
Jika Anda termasuk kedalam ciri-ciri tersebut atau merasakan tidak seperti biasanya, maka  hindari sinar matahari secara langsung dan pakailah pelindung, berhenti dan tidak merokok, dan memberikan pelembab atau body lotion yang cocok sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter.

Itulah ciri-ciri dari beberapa jenis/tipe kulit yang bisa Anda lebih perhatikan kembali pada kulit tangan Anda, sehingga jenis produk lotion apa yang cocok Anda bisa menentukan dengan tepat. Sehingga cara alami memutihkan kulit tangan bisa Anda lakukan dengan benar dan tepat.
loading...

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================